Busana Muslim, JIlbab, Aksesoris Jilbab

Saturday, August 10, 2013

Sudah tahukah Anda tentang Jilbab Muslimah?

Sungguh bahagia ketika banyak wanita muslim yang menggunakan jilbab. Wanita Islam (Muslimah) menggunakan jilbab adalah sebuah kewajiban untuk taat pada perintah-Nya. Arti jilbab yang sebenarnya adalah baju atau pakaian luar yang dipakai untuk menutupi tubuh dari bagian atas (kepala) hingga bagian bawah (kaki). Kemudian tujuan berjilbab adalah untuk menutupi aurat dan menghindari pandangan pria yang bukan mahramnya atau tidak mempunyai hubungan darah atau kerabat.

Sekarang ini, jilbab sedang trends karena banyak wanita muslimah yang menggunakan jilbab. Di waktu yang bersamaan, dunia fashion juga mengikutinya sehingga banyak model jilbab yang diciptakan untuk wanita berhijab. Sungguh khawatir jika seorang muslimah tidak paham tentang berjilbab menurut syar’i (aturan islam). Maka dari itu, kita sebagai wanita muslimah, tentu harus tahu jilbab muslimah yang sebenarnya itu seperti apa?

Ada beberapa point yang bisa dijadikan acuan untuk jilbab muslimah
  1.  Menutupi seluruh badan kecuali muka dan kedua telapak tangan.
  2. Tidak ada hiasan dari pakaian itu sendiri.
  3. Bahan atau kain yang digunakan tebal, (tidak tembus pandang).
  4. Longgar, (tidak ketat/sempit) karena jika sempit akan memperlihatkan lekuk dan bentuk tubuh baik sebagian atau seluruhnya.
  5. Tidak menyerupai laki-laki.
  6. Tidak menyerupai pakaian orang kafir.
  7. Kemudian tidak mencolok.
Sekarang tolok ukur menggunakan jilbab muslimah sudah tahu ada 7 point yang bisa kita pelajari. Silahkan menilai sendiri apakah jilbab yang kita kenakan selama ini sudah sesuai dengan aturan Islam?
Jika sudah tahu bagaimana berjilbab yang benar menurut aturan islam (Syar’i), maka tugas kita adalah mengamalkannya secara perlahan dan terus mempelajarinya yang nantinya betul-betul menjadi wanita muslimah yang solehah.

Jilbab yang dijual sekarang sangat banyak modelnya sehingga kita juga terkadang bingung untuk membelinya. Tapi sekarang tidak usah bingung asal mengacu pada 7 point di atas, mudah-mudahan jilbab kita menjadi ibadah bagi wanita muslimah yang menganakannya. Tapi perlu ketelitian dan kehati-hatian yang cermat ketika membeli jilbab yang akan digunakan oleh sista semua.

Jilbab muslimah yang baik dan dunia fashion erat kaitannya maka dari itu, jika kita susah untuk mencari jilbab yang sesuai dengan syar’I, tidak ada salahnya untuk merancang jilbab sendiri supaya sesuai dengan syar’I yang diperintahkan. Ketika merancang sendiri atau membeli hati-hati dengan bahan yang digunakan karena bisa saja bahan jilbabnya tipis sehingga transparan.

Sudah tahukah Anda tentang Jilbab Muslimah? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Vita

0 comments:

Post a Comment